Jakarta..

Menarik membaca berita akhir-akhir ini tentang Jakarta. Salah satunya adalah rencana Pemda DKI untuk membuat Orchad Road ala Jakarta, dibawah komando Fauzi Wibowo (jadi ingat iklan beliau waktu pilkada : pilih yang ada kumisnya,,ha ha ha ada-ada saja). Aku belum pernah ke Orchard Road yang menjadi salah satu simbol negara tetangga kita : Singapura itu. Tapi dalam bayangan ku pastinya jalan itu indah, hijau, banyak tempat makan , cafe, pusat perbelanjaan yang menjadi surga bagi penganut maniak konsumerisme, ada taman-taman kota yang bisa kita gunakan untuk beristirahat atau sekedar berbaik hati pada burung-burung merpati dengan memberi makan,,alangkah indahnya. Jalan, ya jalan kadang kala memang dapat menjadi simbol suatu negara atau daerah, misalnya untuk dalam negeri: Jogja yang terkenal dengan Malioboronya.

Konsep Orchard Road itulah yang ada dibayangan Pemda DKI untuk diterapkan di Jakarta yang akan membentang dari terowongan casablanca (jadi ingat film demit indonesia yang tidak ada bagus-bagusnya), Jl Rasuna Said sampai fly over Jl. Jend Sudirman. Dimana konsepnya akan menyatukan pusat perbelanjaan, makanan, resto dan cafe, dan pastinya tingkat konsumerisme orang-orang Jakarta akan naik. Sebenarnya apa yang melatar belakangi Pemda DKI berencana untuk membangun proyek ini? Apa saking seringnya para pejabat kita melancong ke Negri Singapura untuk menikmati Orcard road sehingga lama kelamaan terlintas di pikiran mereka untuk menerapkan konsep jalan tersebut di Jakarta. Terlalu gembar-gembor, padahal di Jakarta ini amat banyak masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Bisa kita lihat dan alami sendiri atau membayangkan apa yang Seno Gumira Ajidarma tulis tentang Jakarta dalam “affair, obrolan
tentang jakarta”, kalian pasti akan berkata ah,,ternyata Jakarta seperti ini, sumpek, tumpah ruah, macet, sampah, pemulung, anak-anak jalanan, tempat segala maksiat bla..bla….

Apakah pembangunan Jalan Orchard Road versi Jakarta ini memang merupakan skala prioritas dari pemda ?, dimana menurutku ibarat kebutuhan hidup, rencana ini termasuk kebutuhan tersier, kuarter bahkan lebih. Lagi, masih banyak persoalan yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan lebih merupakan skala prirotas. Misalnya penanganan banjir, jalan yang belubang, terbatasnya fasilitasjembatan penyebrangan sehingga orang bisa menyebrang dengan seenak hatinya dan pastinya ini akan menambah kemacetah,,huh!, sistem transportasi yang amburadul serta polusi yang dihasilkan oleh transportasi itu sendiri,,huh! andainya pun nanti konsep ini dapat direalisasikan apa enaknya berjalan di jalan yang mengambil konsep Orchard road bila kita masih diracuni asap hitam berbuntal-buntal dari metromini, kopaja dkk, apa enaknya jika telinga masih di kuasai oleh bunyi tet..tet..klakson yang bersahutan diselingi makian dan umpatan.

Rencana ini ini bagus tapi bukan sekarang. Masih banyak yang harus dibenahi dulu dari Jakarta ini. Jangan hanya ingin menambah identitas Jakarta sebagai Ibukota, semua identitas yang dipunya negara lain kita coba terapkan di Jakarta. Singapura dengan Orchard road nya atau Malaysia dengan Petronasnya. Bukan kah kita sudah punya Monas, gedung -gedung bersejarah, Gambir, bunderan HI, itu sudah cukup menjadi identitas Jakarta. Lebih arif membuat identitas Jakarta menjadi kota yang tidak macet (kapan ya..?), bebas banjir, ramah orang-orangnya, aman dan hijau.

Salam

Advertisements

About kalasenja

sedang mempersiapkan senja paling indah untuk pulang...
This entry was posted in aku dan sekitar. Bookmark the permalink.

One Response to Jakarta..

  1. cewektulen says:

    membangun identitas diatas identitas kota lain…blog yang bagus bung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s