Caddy

Sebutlah namanya Arip. Dia seorang anak kecil mungkin usianya belum mencapai belasan tahun, paling banter kelas 2 atau 3 SD. Aku mengenalnya ketika kantorku mengadakan acara mancing bersama di daerah Karawang Barat sana. Acara ini sekalian untuk melepas beberapa pegawai yang sudah masuk masa purnakarya. Arip, begitu dia mengenalkan namanya ketika aku tanya “ siapa namamu Dik ?”. Arip menjadi “caddy” di kelompok mancing ku. Aku tak tahu apa istilah di dunia permancingan untuk seseorang yang membantu kita dalam memancing, jadi kuambil saja istilah caddy dari olahraga golf yang mewah itu.

Bagi ku yang tidak mengerti dengan dunia memancing merasa amat tertolong dengan adanya si Arip ini. Tangan-tangan kecil nya itu sangat lincah ketika memasangkan umpan. Atau ketika membantu ku membereskan benang pancing yang kusut. Awal-awal aku memancing tak satu ekor ikan pun yang dapat. Akhirnya si Arip dengan ilmunya mengajarkan, “Om, kalau mau dapat taruh umpan di tengah kolam dan perhatikan pelampung ketika mulai tenggelam, itulah waktu yang tepat untuk pancing ditarik”. Pernah juga ketika pelampungku rusak dan tidak dapat dijadikan indikator umpan kita sedang dimakan atau tidak, si Arip menyuruhku untuk tidak bingung dan perhatikan saja dengan seksama benang pancing yang terapung di atas air, begitu bergerak tarik katanya. Dan aku praktekkan ternyata benar aku dapat ikan.

Di sebelah kolam yang dijadikan acara oleh kantorku terdapat lokasi outbond. Kebetulan sedang ada acara outbond anak-anak SD. Suara ibu guru terdengar jelas dari pengeras suara. “Anak-anak ayo sapa yang bisa azan ?” “Anak sholeh,,,sapa yang bisa do’a setelah azan?” Anak-anak SD yang ramai itu bersahut-sahutan, saya Bu, saya Bu. Kemudian terdengar lagi suara bu guru, ayo anak-anak, perlombaan tarik tambang segera dimulai. Untuk kelas lain mungkin bisa bermain futsal terlebih dahulu, atau bermain getek di kolam sebelah. Anak-anak SD itu tampak begitu antusias, begitu semangat dan begitu gembira.
Aku melirik ke si Arip. Ternyata benar, kegiatan outbond anak-anak SD yang usianya mungkin sepantaran dengannya, di sebelah kolam kami itu amat menarik perhatiannya. Di saat belum ada anggota kelompok memancing membutuhkan bantuannya, pasti dia berdiri melihat dengan seksama kegiatan outbond di sebelah. Tidak jarang pula dia melompati pagar pemisah kolamku dengan lapangan outbond untuk melihat lebih dekat lagi. Pasti menyenangkan ya Rip,,anak-anak itu, anak-anak yang seusiamu yang sedang mengikuti outbond. Anak-anak yang sedang melewati masa-masa kecil mereka yang indah. Bermain bersama-sama dan didampingi oleh Ayah Ibu mereka. Dijaga jangan sampai anak mereka cedera. Di foto dengan berbagai sudut agar dapat dilihat nanti di rumah atau diceritakan ke orang lain, pikirku…Sedangkan kau, Arip, tidak pernah memperoleh kesempatan seperti itu. hari Sabtu Minggu mu selalu dihabiskan di kolam pancing ini. Mencari upah sebagai seorang caddy. Yang mungkin uangnya dipakai buat membantu orang tua. Sabtu Minggumu selalu akrab dengan air, kolam, umpan, kail, ikan dan berbagai peralatan pancing lainnya. Kau mungkin tidak seberuntung mereka tapi kau punya pengetahuan tentang memancing yang mereka, anak-anak beruntung itu tidak miliki. Kau bisa dengan bebas menikmati sejuknya angin di kolam pemancingan ini dan melihat permukaan air kolam yang tenang yang selalu memantulkan birunya langit dan emasnya sinar matahari. Jangan terlalu sedih Rip, jalan didepanmu masih panjang, siapa tahu suatu waktu kelak kau memiliki empang dan saung seperti di sini. “Arip….” Sahutku, ayo kesini, lepaskan ikan dari mata pancingku, itu ikan ke tujuh yang yang ku dapat hari ini.

Saung Mang Ajo, 16 Maret 2009

Advertisements

About kalasenja

sedang mempersiapkan senja paling indah untuk pulang...
This entry was posted in aku dan sekitar and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Caddy

  1. aziz says:

    emang kau dapet ikan Pick?

  2. kirain Caddy R4n1 pik…
    wkwkwkkk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s