Konser Iwan Fals (26122009)

Akhirnya,,,

Akhirnya aku sempat juga menyaksikan konser bulanan Iwan Fals. Gila,, padahal konser itu tiap bulan diadakan di rumah Iwan di Jl. Desa Leuwinanggung No 19, Cimanggis tapi aku selalu tidak dapat mendatanginya. Ada saja halangan, bulan kemaren aku lagi training ke Bali, bulan sebelumnya ada nikahan teman, bulan sebelumnya keluar kota,,,pokoknya ada saja aktifitas weekend akhir bulan yang ntah kenapa selalu bertepatan dengan jadwal konser  Iwan.

Untuk kali ini aku sudah menetapkan untuk datang, walau seharian sudah jalan bareng keluarga dan baru sampai di rumah jam 1.30 siang.  Konser Iwan akan dimulai pukul 3 sore. Aku langsung bersiap-siap, menyalakan motor dan segera melaju ke kawasan Cimanggis. Jarak Cimanggis-Depok tidak begitu jauh, kira-kira 1 jam lah waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah Iwan.

Aku mengenal lagu Iwan Fals waktu masih duduk di kelas 6 SD. Dulu, di rumahku ada seorang laki-laki yang bekerja membantu ayah menjalankan usaha bengkel. Biasa nya malam-malam sehabis aku belajar aku sering main ke kamar nya. Sekedar main karena dia sudah kuanggap seperti saudara sendiri. Di kamar yang agak temaram itu lah aku dikenalkan dengan lagu-lagu Iwan Fals yang diputar dari sebuah radio tape yang sederhana. Kalau nggak salah lagu yang pertama kali dikenalkan padaku adalah Air Mata Api.  Waktu berikutnya aku semakin menyukai lagu-lagu Iwan yang selalu menyuarakan ketidak adilan, membela kaum-kaum terpinggir  dan menggambarkan kondisi sosial yang benar-benar nyata. Sampai sekarang, sampai nanti.

Sebenarnya pertama kali aku melihat konser Iwan Fals adalah di Jogja, tempat dulu aku kuliah. Waktu itu Iwan konser bareng Slank di Stadion Mandala Krida. Bisa dibayangkan konser yang terjadi,,benar-benar ramai karena kedua ikon musik itu mempunyai massa yang besar, Oi dan Slankers.

Aku sampai di Leuwinangung sekitar pukul 3 kurang. Wuih ternyata sudah ramai dengan orang, sudah pasti mereka semua ini para fans nya Iwan, bisa dilihat dari atribut yang mereka pakai, mulai dari kaos, tas, stiker di motor yang bergambar Iwan atau dari spanduk Oi yang mereka bawa. Di sepanjang jalan menuju tempat konser di rumah Iwan, dipenuhi oleh para penjual yang menjual barang-barang yang berbau Iwan, mulai dari kaos, tas, stiker, poster, kalender 2010, gantungan kunci dan lain-lain. Karena masih ada waktu aku sempatkan untuk membeli beberapa barang. Konser bulanan Iwan ini ternyata banyak mendatang kan rezeki bagi para pedagang seperti ini, dan juga buat warga kampung sekitar rumah Iwan, yang banyak juga berjualan makanan dan minuman atau para pemudanya yang mungkin ambil bagian untuk mengurusi parkir kendaraan.

Untuk persiapan konser aku membeli sebotol aqua, rokok (sampoerna a mild habis ,,,hiks ,,akhirnya beli Djarum, balik ke rokok jaman kuliah dulu) dan beberapa gorengan. Waktu hamper pukul 3, aku segera ngantri untuk beli tiket. Tiket konser bulanan Iwan Fals dijual seharga 40 rupiah. Antriannya tertib banget. Orang-orang ternyata sudah banyak juga di dalam rumah Iwan ini. Rumah Iwan luas,,kesannya natural banget karena banyak unsur batu dan warna nya yang abu-abu. Ah sial kenapa aku tidak bawa kamera,,akhirnya selama konser aku hanya mengandalkan kamare hp yang resolusinya amat terbatas dan nggak ada zoomnya hiks..    

Tempat konser berada di halaman belakang rumah Iwan, disekitar tempat konser kita bisa melihat foto-foto Iwan Fals, foto-foto aksi sosial dan hasil karya para pemenang “Karya Kita” yang diadakan tiap bulannya.

 

Akhirnya konser dimulai. Iwan keluar,,ah akhirnya aku bisa melihat secara dekat legenda hidup musik Indonesia itu. Berkaos hitam dan jeans biru,  Iwan menyapa penggemar, ia tampak sehat sehabis dari Mekkah. Orang ini kharismanya begitu kuat.

 Tema konser kali ini adalah Keseimbangan. Tema yang bagus, karena tanpa adanya keseimbangan, segala sesuatu tidak akan jalan, bidang apapun itu. Konser dimulai dengan penganugerahan penghargaan kepada Iwan Fals dari majalah Rolling Stones karena lagu Bongkar menjadi lagu terbaik diantara 150 lagu Indonesia terbaik sepanjang masa. Selain Bongkar masih ada 9 lagu Iwan lainnya yang masuk dalam 150 lagu tersebut, diantaranya Galang Rambu Anarki, Wakil Rakyat, sisanya aku lupa. Panggung konser cukup megah dan artistik dengan adanya karikatur-karikatur dengan slogan-slogan bijak di atas panggung.  Diatas tempat penonton ada kain yang bernuansa coklat membentang lurus dari panggung hingga ke barisan VIP di belakang.  Konser dibuka Iwan dengan Lagu Besar dan Kecil, Iwan tampil sendiri dengan gitar akuistiknya. Mau atau tidak besar dan kecil pasti ada di dunia ini. Tapi apa harus, yang besar selalu menindas yang kecil.

Penonton sudah dari awal lagu ini bernyanyi bersama. Banyak juga yang bawa anak kecil untuk menyaksikan Iwan. Ah besok kalau anakku sudah agak gedean akan aku ajak juga. Dia harus kenal Iwan, dia harus tahu lagu-lagunya Iwan yang mungkin tak akan ada lagi penyanyi Indonesia seperti Iwan di masa depan,,apalagi sekarang,,,sialan, lagu Indonesia sekarang dipenuhi lagu-lagu yang nggak jelas, temanya kalau nggak cinta, selingkuh, pengkhianatan, mengikuti selera pasar, nggak ada idealisme bermusik,  dasar instant.

Lagu kedua adalah lagu Pulang Kerja, bersama lagu Cikal, lagu ini termasuk lagu yang susah aku mengerti maksudnya. Pada lagu ini satu persatu personel band Iwan keluar, ada Totok Tewel (gitar), Heirrie Buchaery (bass), Edi Daromi (keyboard) dan Deni Kurniawan (drum). Aduh tiupan harmonika Iwan benar-benar damai. Lagu berikutnya bisa dilihat di daftar lagu (dibawah).  Diantara lagu yang dibawakan Iwan sore itu yang paling asik adalah lagu Mimpi Yang Terbeli. Kencang dan orang pada menari semua..meneriakkan harga-harga barang yang melambung  tinggi yang susah untuk dibeli hanya mimpi yang terbeli. Puluhan tahun lalu Iwan ciptakan lagu ini tapi masih saja nyambung dengan kondisi sekarang. Oh ya satu lagu lagi yang asik,,Orang gila..

 Beberapa lagu yang slow juga dibawakan Iwan, dan biasanya kalau lagunya agak pelan temponya penonton akan serentak duduk sambil kemudian menyalakan rokok, demikian juga aku. Konser kali ini benar-benar mantap, selain sound nya yang apik, atraksi gitar aremania Totok Tewel ikut menghangatkan suasana. Sering menari-nari dan menghampiri penonton.

Seperti info yang aku baca, di setiap konser bulanan Iwan selalu menampilkan 2 bintang tamu untuk diajak berkolaborasi dengan Iwan. Kali ini bintang tamunya adalah B3 (AB three dulu) dan satu lagi, adalah vokalis idolaku,.,,,,Ipang. Ini sepertinya menjadi hari keberuntunganku,  selain bisa melihat konser  bulanan terakhir Iwan Fals di 2009  aku sekalian bisa lihat Ipang nyanyi. Ipang bawakan 3 lagu, satu lagu Iwan, PHK, lagu kedua Gak Ada matinya dan lagu Ada yang Hilang dari OST Realita cinta and rock’n roll. Suaranya Ipang itu loh,,,yang membuat lagu apapun yang dia bawakan jadi enak, dan laki-laki banget. Ipang tampil tidak bersama BIP tapi band baru yang mungkin dia pakai untuk mengerjakan proyek solonya. Pemain keyboardnya seperti pemain keyboard Steven and Coconut Treez, ntahlah.

Mata Dewa menjadi  lagu penutup konser ini, Iwan tampil bersama Ipang dan B3, dibawah hujan senja  yang datang dari sepertiga akhir konser tadi. Tearkahir Iwan menyampaikan terimakasih buat semua pihak yang telah membantu terlaksana konser bulanan selama thun 2009 ini. Moga-moga  tahun depan masih ada konser bulanan seperti ini. Aku Puas, benar-benar puas menyaksikan konser Iwan fals.

Oleh-oleh buat Alif, anakku, kubelikan sebuah baju bergambar Iwan fals, nanti kalau sudah besar aku ceritakan tentang sosok di balik kaus itu dan akan kudengarkan lagu-lagu Iwan yang mewakili orang-orang yang dipinggirkan.

 

 Daftar Lagu :

  1. Besar & Kecil
  2. Pulang Kerja
  3. Adzan Subuh Masih di Telinga
  4. Berapa
  5. Semoga Saja Kau Benar
  6. Tak Pernah Terbayangkan
  7. Ibu
  8. Emak (bareng B3)
  9. Cinta Sampai Mati (B3 dan Iwan)
  10. Jangan Tutup Dirimu (bareng B3
  11. Orang Gila
  12. Mimpi Yang Terbeli
  13. Bunga Matahari
  14. PHK (bareng Ipang)
  15. Gak Ada Matinya (Ipang dan Iwan)
  16. Ada Yang Hilang (Ipang dan Iwan)
  17. Pulanglah
  18. Oh Ya
  19. Mata Dewa (Iwan, Ipang dan B3)
Advertisements

About kalasenja

sedang mempersiapkan senja paling indah untuk pulang...
This entry was posted in musik and tagged , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Konser Iwan Fals (26122009)

  1. FEBRIE says:

    Perginya siang..pulangnya malam, untung bawa oleh2 kebab turki, ga jadi ngambeg deh, hehehe :D.
    Iwan emang top banget ya, karena banyak hal : 1) orangnya sederhana..liat aja penampilan dan pilihan lokasi rumahnya, 2) ga macem2, ga kayak selebriti yg doyan keluar masuk infotainment, 3) karyanya bagus2 dan jalan terus, ga berhenti2.
    Kalau ke sana lagi jangan Alif aja yang diajak, ibunya juga duung :p

  2. ohdediku says:

    mangstab gan…
    tapi kapan ya aku bisa ketemu ama bang iwan fals… 😦

  3. kalasenja says:

    kegedean kaosnya ton he he he

  4. iwantolet says:

    Seumur-umur aku ngeliat konser iwan fals live cuma sekali waktu soundrenaline di jogja dulu (lupa tahun berapa). Rasanya bergetar ketika dengar suaranya langsung dan merasakan kharismanya…

  5. daman says:

    kapan ya w bsa k lewinanggung,,,

    pengend banget,,,,,

  6. zikra says:

    Kaaaangeen pengen liat Bang Iwan…!
    Ya Allah Denger suaranya lagi dr dekat …!

  7. kalasenja says:

    sorii semuanya blog ini kemaren mati suri,,,heheh thanks commentnya,, harus liat iwan manggun bro and sist, banyak pelajaran di lagu2nya, Salam Oi

  8. faldy says:

    Gan ane pengen bgt tuh ngeliat juga sekalian pengen kerumahnya! Tapi ane gk tau tempat nya bang iwan sama beli tiket nya dimana sama jadwalnya kapan! T_T

  9. kalasenja says:

    bro faldy,,, rumahnya bang Iwan di daerah Leuwinanggung cimanggis, sebelah komplek perumahan bukit golf, gampang kalo liat di peta heheh, untuk jadwal manggung gabung aja ke facebooknya bang iwan, ane dapat info update manggung dari situ,,nah besok tgl 1 desember 2012 ada konser lg di rumahnya, datang aja, tiket bisa dibeli di tempak kok, salam Oi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s