Catatan Tentang Sir Alex Ferguson

Pencapaian terhadap sesuatu adalah hal yang sangat memuaskan ketika kita dapat mewujudkannya. Dan catatan ini sengaja saya buat sekedar untuk dokumentasi pribadi tentang suatu cerita pencapain seseorang di dunia sepakbola, orang itu bernama Sir Alex Ferguson (SAF) atau sering dipanggil Fegie. Ya hari itu (8 Mei 2013) orang hebat itu memutuskan untuk pensiun sebagai manager Manchester United, setelah 26 tahun berada di posisi tersebut dengan torehan prestasi yang amat banyak. Dunia cukup terkejut dengan keputusan ini, banyak mantan pemain United, kolega sesama pelatih, wartawan dan tokoh sepakbola dunia memberikan testimoni untuk Fergie. Satu bukti bahwa memang dia diakui di dunia. Masih ingat ketika dulu waktu masih duduk di bangku sekolah dasar  menjelang smp, saya dikenalkan dengan sebuah klub Inggris bernama Manchester United oleh abang saya, klub dengan jersey merah yang akhirnya menjadi klub yang paling saya suka ampai sekarang. Ya, United adalah Fergie dan Fergie adalah United. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sepakbola Inggris dan dunia akan berterimakasih karena beberapa pemain hebat lahir dari polesan Fergie. Robson, Ince, Keano, Cantona, Scholse, Beckham, Rooney, Ronaldo dan tentu saja pemain idola saya Ryan Giggs.

Dalam mencapai sesuatu kita harus punya target baik itu jangka panjang jangka pendek, demikian juga dengan Fergie ketika datang ke United. Saat itu sepakbola Inggris dikuasai oleh Liverpool yang bertahun-tahun berada di posisi tertinggi. Dengan gagahnya Fergie sesumbar,,”saya datang untuk meruntuhkan kejayaan Liverpool, catat omongan saya ini”. Dan itu ternyata terbukti, Fergie membawa United mendominasi liga Inggris, melewati apa yang pernah diraih Liverpool. Satu hal yang sangat saya sukai dari Fergie adalah kenyataan bahwa dia seorang manager yang sangat manusiawi. Dia akan emosional ketika tim bermain buruk, menjual pemain ketika sudah mulai bertingkah, protes ke wasit ketika merasa dirugikan, konfrontasi, berdebat dengan pelatih lawan, tapi setelah pertandingan selau mengajak minum wine bersama. Ada nilai sportivitas disitu. Dia bukan tipe orang yang menjaga imej dan selalu menampilkan kesan yang baik. Secara emosi ada sedikit kemiripan dengan pelatih hebat lainnya, Maurinho.

Musim kemusim, tahun ke tahun, banyak pelatih datang dan pergi di liga Inggris namun Fergie akan selalu fokus dan tak tergantikan untuk meracik United. Dan beberapa tahun belakangan isu pensiunnya Fergie memang sudah ramai dibicarakan. Dan akhirnya itu terjadi saat ini, di penghujung musim liga 2013, saat United sudah dipastikan menjadi juara liga untuk yang ke 20 kalinya. Waktu yang saya pikir memang baik untuk mundur, mundur disaat menang, saat di puncak, bukan mundur pada saat kalah dan kecewa. Fergie dan United sudah mengajarkan bagaimana untuk mencapai kesuksesan, bukan lewat hal yang instant melainkan melalui sebuah proses yang panjang. Dan ini juga aku yakin mereka pelajari dari klub-klub hebat sebelumnya. Seperti kata petinggi United, “ stabilitas akan membawa kesuksesan”. Fergie juga mengajarkan bagaiman filosofi dalam mengurus pemain , bahwa, tidak pemain yang yang lebih hebat dan lebih penting dari klub itu sendiri.  Akhirnya, sebagai seorang fans united saya ucapkan terimakasih atas semua dedikasi dan pencapaian bersama Manchester United. Sejarah yang anda buat sudah membuat United menjadi salah satu klub terbaik di dunia. Ini mungkin akhir dari sebuah era seorang bernama Alex Ferguson, tapi bukan akhir era Manchester United. Siapapun yang ditunjuk menjadi penggantinya Fergie, semoga dapat meneruskan loyalitas, stabilitas dan kolektivitas yang sudah menjadi ciri klub ini. Kejayaan, keberhasilan memang tak ada yang abadi dan bertahan selamanya, tapi kejayaan dan keberhasilan dapat selalu diulang. Glory glory Man United..sampai ketemu musim depan.

Advertisements

About kalasenja

sedang mempersiapkan senja paling indah untuk pulang...
This entry was posted in aku dan sekitar and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s