A day with Parents

Beberapa hari sebelumnya Alif, anakku mengabarkan kalau ada undangan buat ku dari pihak sekolah untuk memberikan presentasi tentang profesi orang tua. “A day with parents” begitulah temanya kira-kira. Dan Alif dengan memaksa berkata, ‘’harus datang ya Yah” atau tiap hari selalu bertanya Ayah bisa kan datang?”. Memang sejak dia kelas 1 SD ketika ada acara ini aku selalu tidak bisa memenuhinya namun kali ini harus bisa demi sepasang mata Alif yang penuh harap itu. Ayah teman Alif pada ngisi juga ya Lif? Tanyaku suatu hari, iya Yah jawab Alif, ayah temanku ada yang profesinya Arsitek, dokter gigi dan kemaren ada yang datang bawa gitar, terus nyanyi deh karena ayahnya temanku itu musisi. O gitu,,baiklah (padahal dalam hati masih bingung mau sampaikan apa di depan kelas Alif besok).

Jujur, menyiapkan materi presentasi tentang profesi ku sebagai seorang Geologist di depan anak-anak kelas 3 SD itu tidak semudah yang kubayangkan. Aku benar-benar dipaksa berpikir tentang pilihan kata-kata dan gambar yang bisa mereka cerna dengan gampang dan tidak membosankan. Karena membosankan di depan anak-anak itu lebih menyedihkan dibandingkan di depan orang dewasa hahaha. Akhirnya, beberapa hari ini aku disibukkan dengan menyiapkan materi sambil menyusun kata-kata yang akan aku sampaikan di depan kelas nanti.

Hari H pun tiba. Masuk ke kelas Alif, salam sama guru-gurunya dan set laptop dan proyektor. Di belakang Alif sudah kegirangan ayahnya yang keren ini datang dan dia sangat bahagia terlihat jelas dari tingkah lakunya yang kesana kemari itu sambil bercanda dengan teman-temannya. Set peralatan selesai, pertunjukan dimulai.

Assalamu’alaikum adek- adek adek semua? Sapa ku dan mereka dengan semangat menjawab Waalaikumsalam. Baiklah hari ini om (kesanya tua banget ya,,Om) akan bercerita tentang apa profesi om, oh iya sebelumnya nama om adalah Taufiq, ayahnya Alif. Adek-adek tau nggak , begitu banyak profesi yang ada, contohnya dokter, pilot, tentara, presiden dan lain-lain. Semua prosefi itu adalah baik asal halal dan tidank melanggar ajaran Agama kita. Nah adek-adek kelak ingin jadi apa? tanyaku. Diantara jawaban anak-anak yang polos ini ada sebuah jawaban yang membuatku mau tak mau jadi tertawa, ada yang mengacungkan tangan dan bertieriak, saya nanti mau jadi Hokage om,,hehehe seisi kelas tertawa semua. Wah kalo seperti Hokage yang di Naruto itu om juga mau, ujarku.

Menit demi menit berlalu, profesi ku sebagai Geologist akhirnya bisa aku bagi ke anak-anak ini dan mereka tampak tertarik mendengarkan. Walau setelah aku cerita panjang lebar dan bertanya apakah ada yang mau nanti Geologist ? pada jawab gak ah om sepertinya capek, sering pergi kemana-mana hahaha. Tapi tak mengapa, setidaknya bisa memberikan mereka wawasan bahwa ada profesi Geologist disamping profesi-profesi yang mainstream itu. Dan yang lebih penting lagi adalah aku bisa memenuhi janji ke Alif untuk datang dan berbicara di kelasnya.  Diakhir acara kami semua berfoto di halaman sekolah bersama murid dan para Guru kelas. Terimakasih untuk kesempatan yang luar biasa ini, senag bisa ada di sini. Semoga kelak kalian semua menjadi insan yang berguna.

Aaamiiin.

foto dengan kelas Alif-3 Mekkah

Advertisements

About kalasenja

sedang mempersiapkan senja paling indah untuk pulang...
This entry was posted in aku dan sekitar, dunia kerja and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to A day with Parents

  1. ajarin korelasi well pake karet ni pasti di kelas 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s